Tidur Siang Baik Untuk Si Kecil

Batita yang aktif diminta tidur siang. Bisa enggak, ya? Jarum jam sudah menunjukkan pukul 13.35. Mama Andin sudah sejak tadi tidur-tiduran di kasur tipis di depan televisi, menemani Bimo yang, seharusnya, tidur siang. Tapi, harapan itu sepertinya tak akan tercapai. Sudah setengah jam berlalu, tak ada tanda-tanda Bimo mau duduk diam.

Baca juga : ausbildung jerman

Sejak tadi ia sibuk mendorong mobil-mobilannya keliling ruang keluarga. Padahal sang mama berharap setelah makan siang cukup kenyang, Bimo akan mengantuk karena sepagian sudah cukup banyak beraktivitas. Mama Andin percaya, tidur siang baik bagi batita, bukan hanya untuk memulihkan diri dari energi yang terbuang sepagian, tetapi juga untuk meningkatkan mood si kecil dan memberikannya waktu tidur yang lebih baik di malam hari. Namun, bagaimana kalau batitanya tergolong aktif seperti halnya Bimo? CIPTAKAN SUASANA MENDUKUNG Jangankan untuk batita yang aktif, untuk batita yang “biasa-biasa” saja memang tak bisa sekonyong-konyong menyuruh tanpa pembiasaan terlebih dulu. Mengajarkan tidur siang kepada batita adalah perkara rutinitas.

“Sebaiknya sejak bayi sudah dikenalkan pola tidurnya. Banyak cara, kok, untuk mengenalkannya. Salah satunya adalah membiasakan batita tidur di kamar tidur, bukan di sembarang tempat atau berpindah-pindah,” ujar psikolog Tri Kurniati Ambarini. Cara ini dinilai dapat membantu batita menjadi terbiasa dan memahami bahwa kamar tidur adalah tempat untuk tidur. Cara lain, biasakan tidur dengan penerangan yang redup. Di siang, misalnya, Mama dapat mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk melalui jendela dengan cara menutup tirai sebagian.

Hal ini akan membuat tubuh batita mampu mengatur pembiasaan mengenai waktu tidur. Namun patut diakui, kedua cara di atas agak sulit jika batita masih terlalu semangat beraktivitas. Untuk itu, batasi aktivitas bermainnya menjelang waktu tidur. “J auhkan anak dari permainan yang terlalu banyak melibatkan motorik kasar, gantilah dengan aktivitas yang lebih menenangkan seperti mendongeng atau bercerita hal-hal sehari-hari dengan anak. Lakukan kegiatan ini di tempat tidur, ya,” saran Rini. Pengondisian batita sebelum tidur sangat diperlukan untuk mendukung agar mereka dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.