Tetap Banyak Peminatnya

Pemiliknya biasanya memilih keramik KW 1 untuk kesempurnaan bangunannya. Lalu, siapa peminat KW 2? Ternyata yang KW 2 memiliki pasar tersendiri, yaitu sebagian kontraktor bangunan. Kondisi KW 2 dianggap masih memadai untuk digunakan di area servis dan gudang. Keramik jenis ini juga biasanya digunakan di dak, gudang, dan lantai pabrik.

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Pertimbangan lainnya, suatu saat toh pemilik rumah akan menggantinya dengan keramik model lain atau material yang berbeda, misalnya parket dan homogeneous tile. Lain lagi cerita Ery. Ia menyatakan bahwa banyak pemilik kontrakan yang sengaja mencari keramik KW 2 dan KW 3.

Hadirnya perkantoran dan pertokoan baru di sekitar Kebon Jeruk merangsang tumbuhnya rumah-rumah kontrakan di sekitarnya. ”Mereka tidak mempermasalahkan kondisi keramik KW 2 dan KW 3, yang penting lantainya tertutup keramik,” ungkap Ery. Dalam catatannya, baru-baru ini ada yang memesan KW 2 dan KW 3 untuk 70 kamar kontrakannya.

Cacat pun Bisa Aksi

Keramik KW 3 yang dianggap “parah” secara kualitas namun tetap bisa tampil aksi. Kondisi natnya yang tidak presisi bisa disiasati dengan nat yang sengaja dibuat lebih lebar, misalnya 3mm – 5mm. Cara lainnya adalah dengan memasangnya memakai sistem tata bata sehingga natnya tidak sejajar.

Tipe Sama tapi Beda Tampilan

Ketika membuat rumah, kadang pemilik rumah sulit mencari keramik tambahan yang sejenis. Kalaupun ada, bisa terdapat perbedaan sehingga ia mengira ini jenis KW 2. Walau modelnya sama bisa saja tampilannya berbeda, misalnya warna lebih muda atau lebih tua. “Berbeda periode pembuatannya biasa kami sebut “beda masakan”,” jelas Ery. Jika Anda perlu tambahan keramik yang sejenis, Ery menyarankan untuk menyebutkan kode serinya, atau bawa saja kardus bekasnya.

Tanda pada Kemasan

Terdapat perbedaan kemasan sesuai kondisi keramik. Pada KW 1 di kardus kemasannya tertulis KW 1 atau “A”. Yang KW 2 terdapat tambahan stempel “KW 2”. Sedangkan pada keramik KW 3, kardusnya polos karena sengaja dibalik sehingga tampil polos tanpa merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *