Sosialisasikan Linux Bagi Pengguna Awam ala autotrade gold

Sosialisasikan Linux Bagi Pengguna Awam ala autotrade gold – Kehadiran internet dan perkembangan open source di Indonesia membuat sebuah industri baru yang dikembangkan oleh para entrepreneur muda. Sistem operasi Linux merupakan salah satu pendu- kung dari industri baru tersebut, tidak dapat disangkal bahwa ini merupakan faktor yang cukup menentukan perkembangan Linux di Indonesia. Pada awal tahun 1990-an hingga sekarang, Linux secara perlahan mulai menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, hal itu membuat terbentuknya komunitas yang tertarik dengan penggunaan sistem operasi Linux.

Saat ini komunitas pengguna Linux di Indonesia sudah ada di 25 kota, termasuk Jakarta. Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) adalah satu diantara komunitas itu. Terbentuk pada 31 Oktober 1998, sepakat berkumpul untuk menghimpun para pengguna sekaligus mempopulerkan penggunaan Linux di Indonesia. Fokus mereka adalah mengenalkan Linux kepada pengguna awam. “KPLI Jakarta memiliki manfaat sebagai pelaku promosi Linux ke pengguna awam, sebagai tempat pengembangan sistem open source, dan sebagai lab untuk mengembangkan soft skill dalam berorganisasi,” ungkap Ali Maulana, anggota dewan pengawas KPLI Jakarta. Latar Belakang Meski punya embel-embel Linux dalam nama komunitasnya, tapi KPLI Jakarta bukan melulu membicarakan Linux.

Tapi komunitas ini juga saling berbagi software open source lainnya. Tutorial menggunakan GIMP sebagai salah satu software open source untuk manipulasi gambar misalnya, juga diberikan bagi para anggota KPLI. Bahkan mereka pun optimis bahwa ada potensi bisnis yangbisa digali dari kegiatan open source ini. “KPLI Jakarta merupakan salah satu wadah para pemerhati dunia teknologi informasi, khususnya yang tinggal di Kota Jakarta dan sekitarnya, dengan keinginan untuk berpartisipasi aktif dalam dunia ini dengan mendukung kegiatan Open Source.

Untuk itulah kami berusaha memasyarakatkan Linux sebagai salah satu ujung tombak konsep Open Source ini,” ungkap Ali. Sampai saat ini anggota yang aktif di KPLI Jakarta sebanyak 20 orang, yang terdiri dari pekerja dan mahasiswa. Setiap tahun anggotanya semakin meningkat, terutama anggota di program KSL (Kelompok Studi Linux). Ali menegaskan bahwa untuk anggota pengguna pasif di media sosial juga cukup banyak, baik itu di twitter maupun facebook. “Untuk pengguna pasif di media sosial kita banyak dan mereka sangat aktif bertanya dan sharing tentang open source,” jelas Ali.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.