Pyongyang Mampu Bikin 20 Bom Nuklir

KOREA Utara dilaporkan memiliki cukup material untuk membuat 20 bom nuklir hingga akhir tahun ini. Pyongyang mempercepat produksi fasilitas pengayaan uranium dan memperbanyak persediaan plutonium miliknya. Berdasarkan analisis terbaru para pakar senjata, seperti dilansir Reuters pada Rabu pekan lalu, Korea Utara mengembangkan proses pengayaan uranium yang membuat negara komunis itu mampu menjalankan program nuklir mandiri.

Pakar terkemuka yang menganalisis program nuklir Korea Utara, Siegfried Hecker, mengungkapkan proyek itu diperkirakan mampu menghasilkan sekitar 150 kilogram uranium yang telah diperkaya dalam waktu setahun. Jumlah ini, menurut Hecker, bisa menghasilkan setidaknya enam bom nuklir. Hecker, yang pernah menjabat Direktur Laboratorium Nasional Los Alamos, Amerika Serikat, memperkirakan, dengan tambahan 32-54 kilogram persediaan plutonium, Korea Utara memiliki material fsi (pembelahan inti atom) untuk memproduksi sekitar 20 bom nuklir hingga akhir 2016.

Tahun ini pemerintah Pyongyang telah menggelar dua uji nuklir dan beberapa tes rudal. Uji nuklir terakhir, yang berlangsung dua pekan lalu, menimbulkan guncangan setara dengan gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter di sekitar lokasi. Adapun peluncuran rudal balistiknya pada akhir Agustus mencatatkan sejarah karena berhasil terbang sejauh 500 kilometer sebelum mendarat di Laut Jepang. Provokasi Pyongyang ini membuat marah negara tetangga, seperti Cina, Korea Selatan, dan Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *