Menggendong Bayi Dan Plasenta

sat-jakarta.com – Singkat cerita, konselor ASI yang aktif di AIMI ini melahirkan si kecil dengan cara lotus. Menurutnya, setelah dilahirkan, tali pusat si bayi tidak diapa-apakan, diklem pun tidak. Yang dilakukan bidan hanya membersihkan buah hatinya dan ari-ari/plasenta dari sisasisa darah yang me nempel. Kemudian plasenta itu ditaruh di baskom. Untuk menyerap cairan yang keluar dari ari-ari, baskom sengaja dialasi kain yang memiliki daya serap tinggi. Lalu plasenta ditaburi garam kristal (garam laut alami), kunyit, kayu manis bubuk.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Semua itu untuk mempercepat proses pe ngeringan plasenta dan agar terhindar dari mikroba. Untuk menghilangkan aroma nya, ari-ari pun ditaburi bunga dan rempah-rempah, juga mi nyak aromaterapi. “PR yang paling besar” Putri ialah pada saat akan menggendong Kiandra, yang sekarang sudah berusia 2 tahun, karena ia juga harus menggendong ari-arinya. Di sinilah kreativitas Putri diuji. “Supaya tidak repot saya mejadikan kain bedong seba gai tas untuk plasenta. De ngan begitu saya lebih mudah menggendong Kiandra dan ari-arinya bersamaan,” jelas Putri.

Memandikan pun menjadi tantangan tersendiri. Ibu-ibu lain mungkin hanya memandikan bayinya saja, sedangkan Putri harus memandikan ariari bayinya juga. Itu pun harus dengan cara benar supaya terjaga kebersihannya. Tapi dari semua pengalam an merawat “bayi lotus birth”, yang paling membuatnya deg-degan justru di hari-hari menjelang puput tali pusat. Di hari pertama, Putri merasakan plasenta begitu berat, seberat seorang bayi. Masuk hari ke dua, setelah agak mengeras dan mengering, plasenta pun semakin ringan, juga tampil annya tidak begitu mengerikan.

Masuk hari ketiga, taliplasenta sudah ke ring menyerupai kabel yang kaku. Sehingga pada waktu ia akan menggendong Kiandra, Putri harus ekstrahati-hati karena adanya kekhawatiran terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada plasenta Kiandra. Masuk hari ketujuh, Putri mengakui dirinya menjadi ibu yang pa ling plong saat itu. Sebab, tali pusat telah putus akibat tendangan Kiandra ketika mandi pagi. Semuanya berjalan normal seperti yang diharapkan. Putri mengakui, “bayi lotus birth” memang merepotkan, namun kerepotan itu terbayar dengan aneka manfaat dari lotus birth itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *