Mengetahui Luas Wilayah Jerman dan Negara Bagian di Jerman

Negara Jerman merupakan negara yang terletak di Eropa Barat dengan ibukota di Berlin. Negara ini memiliki ekonomi terbesar di Eropa dan terbesar keempat di dunia. Ilmu pengetahuan dan inovasi sangat berkembang di Jerman.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Jasa Catering

Itu sebabnya negara Jerman banyak dikunjungi oleh orang – orang dari negara lainnya. Sekitar 13% orang yang tinggal di Jerman berasal dari negara lain. Negara Jerman memiliki jumlah penduduk sekitar 83 juta jiwa dan menjadi negara terpadat di Uni Eropa.

Mengetahui Luas Wilayah Jerman dan Negara Bagian di Jerman

Luas wilayah Jerman lebih kecil dari negara bagian Montana. Luas wilayah Jerman yaitu 357.021 km persegi. Simak beberapa luas wilayah beberapa negara bagian di Jerman berikut ini.

1. Luas Wilayah Berlin

Berlin merupakan kota di Jerman yang setingkat dengan negara bagian di Jerman. Luas wilayah Berlin yaitu 892 kilometer persegi. Luas wilayah di Berlin ini dihuni sekitar 3,4 juta penduduk. Selain mendukung ekonomi yang kuat dan lokasi pemerintahan di Jerman, Berlin juga menjadi pusat pariwisata.

Berlin memiliki banyak hal yang ditawarkan untuk para pengunjungnya. Beberapa tempat di Berlin yang menarik untuk dikunjungi antara lain Tiergarten Park, Gerbang Brandenburg, The Reichstag, katedral – katedral, Museum, Tembok Berlin, dan lainnya.

2. Luas Wilayah Bavaria

Bavaria merupakan negara bagian terbesar di Jerman yang luas wilayahnya sekitar 70.549 kilometer persegi, dengan ibukotanya di Munich atau Munchen. Sekitar 13 juta orang tinggal di negara bagian yang memiliki sejarah panjang ini.

Bavaria dulunya merupakan daerah yang diduduki oleh Kekaisaran Romawi Suci. Sejak abad ke-6 M hingga abad ke-19 Bavaria dikenal sebagai Kerajaan Bavaria. Selain menjadi daerah maju dengan banyak perusahaan teknologi dan industri tinggi, Bavaria juga memiliki pariwisata yang sangat berkembang.

Salah satu festival yang paling terkenal di wilayah ini adalah Festival Oktoberfest yang diadakan setiap tahun di Munich pada akhir September hingga awal Oktober.

3. Luas Wilayah Baden-Wurttemberg

Baden-Wurttemberg merupakan negara bagian di Jerman yang terletak di barat daya Jerman. Luas wilayah Baden-Wurttemberg 35.751 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta penduduk.

Beberapa kota besar di Baden-Wurttemberg yaitu Stuttgart sebagai ibukota negara bagian ini, Freiburg, Manheim dan Karlsruhe. Ciri umum pemandangan alam di Baden-Wurttemberg diantaranya hutan menutupi sebagian besar reliefnya, dan danau.

Danube merupakan danau terbesar kedua di Eropa yang berada di Baden-Wurttemberg. Industri pertanian dan kehutanan mendukung perekonomian di negara bagian ini.

3. Luas Wilayah Hamburg

Hamburg merupakan kota di Jerman yang setingkat dengan negara bagian. Dengan luas wilayah 755 kilometer persegi, Hamburg dihuni sekitar 1,8 juta penduduk. Hamburg menjadi kota terbesar kedua di Jerman setelah Berlin.

Pelabuhan di Hamburg merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Eropa, yang menangani 138 juta ton kargo setiap tahunnya. Hamburg adalah salah satu pusat industri terbesar di Jerman yang terkenal dengan industri tembaga, kimia dan pembuatan kapal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *