Mencicipi Windows 10

Isu yang berkaitan dengan Microsoft, perusahaan tekno logi yang berbasis di Redmond, Seattle ini, selalu menjadi pembicaraan hangat. Di edisi lalu, sempat membahas bagaimana Microsoft tetap berdiri tegak di tengah gempuran dan isu miring berkaitan dengan OS Windows 8 yang dianggap gagal. Ya, begitulah konsekuensi kesuksesan. Namun, justru dengan cobaan semacam itu, perusahaanperusahaan yang baik biasanya akan semakin berkibar. Berkaitan dengan pengembangan di Microsoft, baru-baru ini, Microsoft memberikan kejutan kepada dunia IT dengan mengeluarkan nama “Windows 10”.

Baca juga : Net89

Orang pun bertanya-tanya tentang OS yang akan dikeluarkan Microsoft ini. Windows 10 yang merupakan penerus dari Windows 8/8.1 ini memuat banyak sekali feature yang menarik, meski juga ada gaya “lama” yang disajikan secara baru. Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, mengulas Windows 10 yang baru saja dirilis versi Technical Previewnya. Perlu dipahami bahwa versi Technical Preview bisa saja mengalami perubahan, pengurangan, atau penambahan dari segi tampilan dan juga feature.

Tetapi, dengan adanya Technical Preview, kita bisa mencicipi sedikit dahulu apa yang Microsoft akan hidangkan kepada kita. Start Menu vs Start Screen Seperti yang Anda saksikan melalui screenshoot, Microsoft menghadirkan kembali Start Menu pada Windows 10 ! Start Menu yang muncul dari tombol Start ini tentu mengingatkan kita pada Windows 7.

Menariknya, Microsoft mengkombinasikannya dengan gaya Start yang ada pada Windows 8 juga. Tentu saja, Anda masih bisa menentukan apa saja yang muncul di bagian Start ini, juga memperbesar atau mengecilkan ukurannya. Sebuah perpaduan yang menarik, bukan ? Bagi Anda yang masih jatuh cinta dengan Start Screen pada Windows 8/8.1, Anda tidak perlu khawatir, karena Microsoft memberikan Anda pilihan untuk menggunakan Start Screen. Start Screen bisa dimunculkan kembali lewat “Navigation Properties” yang bisa Anda cari melalui search. Setelah itu, menghilangkan tanda centang pada “Use the Start Menu instead of Start Screen”.

Jadi, manakah tampilan Start yang Anda sukai? Semuanya mempunyai “Jendela” sendiri. Dalam Windows 10, setiap aplikasi kini memiliki jendelanya sendiri. Pengguna bisa mengaturnya dan memindahkannya dan menjalankannya bersamaan. Pengaturan lainnya adalah mengecil dan membesarkan jendela. Copy-Paste pada Command Prompt Jika dulu Anda belum bisa melakukan copy-paste pada command prompt, sekarang Anda bisa melakukannya. Feature ini memang belum tentu dibutuhkan oleh semua user, tetapi sangat membantu kita yang sering menggunakan command prompt untuk pengaturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *