Membaca Kurva Pertumbuhan Bag3

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tidak semua anak kurus itu tidak normal, harus dilihat proporsi TB dan BB-nya dan perjalanannya di kurva pertumbuhan. Jadi, saat mengunjungi dokter, Mama Papa sebaiknya minta pengukuran BB, PB, dan LK si buah hati. Untuk LK hanya wajib diukur sampai usia 3 tahun.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Selanjutnya, untuk menilai pertumbuhan, pilih kurva pertumbuhan sesuai dengan jenis kelamin, umur, dan usia. Lakukan penilaian dan plot di kurva pertumbuhan. Nilai perjalanan kurva pertumbuh an, bila naik sesuai kurva, maka harus dipertahankan. Namun, bila perjalanan kurva pertumbuhan BB mendatar/tidak naik, diskusikan dengan dokter mengenai penyebabnya untuk kemudian diatasi penyebabnya itu.

Begitu pun bila kurva pertumbuhan turun, diskusikan dengan dokter, dan rujukan ke ahlinya jika mungkin diperlukan. Nah, bagaimana dengan nilai pertumbuhan buah hati Mama Papa? Kita tidak bisa menilai hanya dengan satu kali pengukuran. Pertumbuhan merupakan proses dinamis, sehingga diperlukan dua titik untuk menyatakan pertumbuhan seorang anak adalah normal ataukah terdapat gangguan.

Komunikasi pertama dengan si kecil “Ketika pertama aku melihat janinku di layar monitor USG, aku begitu gugup. Kekhawatiranku semakin memuncak, sampai aku melihat sesuatu yang ber kedip-kedip. Ternyata itu artinya janinku hidup dan jantungnya mulai terbentuk. Bidan memastikan lagi dengan memperdengarkan detak jantung janinku menggunakan doppler. Betapa bahagianya aku dan suami saat mengetahui calon bayi kami tumbuh dengan baik di dalam rahimku.” bangkit mei eko susilowati (38 minggu).

Didin marfitasari (4 bulan) “bawaan” hamil jadi rajin lihat resep “Banyak hal yg ber ubah selama hamil, salah satunya saya jadi senang melihat resep masakan dan jajanan lalu saya praktekan sendiri. Mulanya, sua mi khawatir karena saya lebih banyak meng habiskan wak tu di dapur. Tapi entah kenapa saya justru lebih merasa semangat bila sedang memasak. Saya sangat antusias menyambut kehadiran si kecil, saya berharap bisa membuatkan makanan sehat kesukaannya kelak. Dokter juga memperbolehkan saya memasak, asal tetap memantau kondisi tubuh sendiri. Kalau capek jangan dipaksakan.”

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *