Elemen Air Tempatkan dengan Tepat

Menghadirkan elemen air dan tanaman di sekitar rumah dapat mengurangi suhu dan menyejukkan rumah. Namun, jika penempatannya salah, yang terjadi justru sebaliknya, udara di dalam rumah menjadi lebih lembap dan panas. Air dan tanaman merupakan dua unsur alam yang paling sering diaplikasikan dalam desain karena mampu menambah kualitas visual dan menghadirkan atmosfer yang menyejukkan.

Baca juga : Jual Genset Jakarta

Menurut Ren Katili, arsitek dari Arsitektropis, suara air yang terus-menerus dan stabil, memang secara psikologis bisa membuat suasana tenang dan nyaman. Hanya saja, karena Indonesia memiliki iklim tropis lembap, menyebabkan tingkat kelembapan tinggi, kehadiran unsur air di dalam ruangan maupun kolam di luar rumah, justru akan menambah penguapan. “Penguapan ini membuat kadar kelembapan akan semakin meningkat, dan mengakibatkan tubuh mudah terasa gerah dan lengket,” ucap arsitek lulusan universitas di Jerman ini.

Namun, jika Anda ingin tetap menghadirkan unsur air di sekitar rumah, maka Anda perlu melakukan 3 langkah berikut sebelum membangunnya. Pertama, periksa suhu dan tingkat kelembapan di rumah. Kedua, bandingkan suhu dan tingkat kelembapan dengan grafk di samping. Ketiga, jika hasilnya masih berada di area comfort, maka Anda dapat menambahkan kolam di rumah Anda, dan sebaliknya.

Siasat lainnya, Anda bisa mengganti kehadiran unsur air dengan tanaman. Kehadiran unsur tanaman akan menghirup karbondioksida (CO2) di dalam rumah dan menggantinya dengan oksigen (O2) yang dihasilkannya. Ruangan pun akan terasa lebih sejuk dan segar. Kehadiran dua unsur ini tentu akan memberikan efek sejuk yang berbeda, tergantung bagaimana Anda menempatkannya.

Hadirkan Taman di Rumah

Berbeda dengan unsur air, kehadiran unsur tanaman—baik di luar maupun di dalam bangunan—dapat menciptakan hawa segar di dalam rumah. Menurut Kepala Balai Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang bernama Dr. Ir. Arie Herlambang, M.Si., peletakan tanaman hijau di luar rumah, selain dapat penyerap radiasi sinar matahari, juga memberikan suasana segar.

Oleh karenanya menyediakan ruang untuk tanaman jauh lebih baik daripada menutup semuanya dengan lantai keramik. Unsur tanaman hijau juga bisa dihadirkan di dalam rumah. Tidak perlu harus menyediakan ruangan yang besar, tetapi cukup dengan meletakkan beberapa tanaman hijau yang ditanam dalam pot. Selain menambah estetika rumah, juga dapat menurunkan suhu ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *