ASUS X99-A dan FIN888

ASUS X99-A dan FIN888 – Motherboard ini merupakan motherboard paling rendah di jajaran produk ASUS chipset X99 yang beredar di tanah air. Hadir dengan form factor ATX minimalis tanpa menggunakan heatpipe pendingin dan hanya mengandalkan 3 buah heatsink sebagai pendingin utamanya. Tidak seperti motherboard ASUS X99- DELUXE yang menempatkan secara vertikal soket M.2-nya motherboad ini masih menempatkan M.2-nya secara horizontal. Penempatan soket M.2 demikian sangat pas menurut CHIP, dikarenakan masih banyak layout motherboard yang menempatkan soket M.2 di bawah soket PCIe sehingga menyulitkan instalasinya.

Ukuran storage M.2 yang diusung sendiri bervariasi, mulai dari 42 mm hingga 110 mm. Dari segi kelengkapan memang tak banyak yang disertakan dalam paket penjualan motherboard ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa seri motherboard ini adalah paling minim dalam tes perbandingan ini. Tapi patut diingat kelengkapan hanyalah salah satu poin dalam tes perbandingan, performalah yang lebih diutamakan. Motherboard ini merupakan seri classic dari ASUS dengan warna dominan hitam dan putih disertai ambience LED warna putih ketika dinyalakan Walaupun dari desain motherboard ini terasa sederhana namun ASUS tidak main-main dalam memberikan feature-feature menawan.

Contoh, feature automatic overclocking serta dukungan Thunderbolt. Bahkan motherboard ini mendukung overclocking DDR4 hingga 4000 MHz sehingga bisa dikatakan motherboard ini mempunyai feature lengkap untuk overclocking. Seperti motherboard lainnya, X99-A juga dilengkapi dengan PCB audio terpisah yang dinamakan Crystal Sound 2. Dipadukan dengan DTS Connect di sisi software mampu menyajikan kualitas audio yang baik.

Feature serupa juga dapat dijumpai pada X99-Deluxe. Masalah konektivitas via USB 3.0, motherboard ini menyediakan 10 port dengan rincian 6 di back panel dan 4 via front panel. Terdapat dua controller yang terlibat di sini, yaitu chipset X99 itu sendiri dan ASMedia USB 3.0 controller, di mana masing-masing menangani 5 port USB 3.0. Sebagai peserta tes yang mengusung tema overclocking, GAX99-SOC Force menyertakan satu set tombol yang didedikasikan khusus untuk memudahkan proses overclocking.

Sumber : https://net89.net/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *