Angela Merkel Mengunjungi Lokasi Kejadian Teror

Menurut Bosbach, pemerintah Jerman semula ingin mendeportasi Amri bulan lalu. Namun upaya itu urung dilakukan karena mereka tidak bisa membuktikan bahwa Amri warga negara Tunisia. Apalagi pemerintah Tunisia tidak mengakui Amri sebagai penduduk negerinya. ”Dia terpaksa dibebaskan,” ucap Bosbach. Kecaman juga muncul dari Partai Uni Sosial Kristen atau CSU, saudara koalisi CDU.

Joachim Herrmann, tokoh CSU yang menjadi Menteri Dalam Negeri Bavaria, mengatakan aksi teror di Berlin berdampak pada keberlanjutan kebijakan pengungsi Merkel. ”Kami sekarang harus memperhitungkan risiko yang muncul dari jumlah besar pengungsi,” katanya. Ini bukan tekanan politik pertama dari CDU dan CSU. Duet partai konservatif itu telah berulang kali mendesak Merkel membatasi jumlah pengungsi. Namun kanselir tiga periode itu bergeming.

Sikap Merkel baru melunak sejak Juli lalu. Perempuan yang mencalonkan diri lagi sebagai kanselir itu memangkas jatah pengungsi Jerman menjadi ”hanya” 300 ribu pengungsi. ”Tak sampai sepertiga dari angka tahun 2015,” kata Frank-Jürgen Weise, kepala kantor federal untuk migran dan pengungsi Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *