3 Error CODE 31 Mengaktifkan Perangkat yang Tak Berfungsi dengan Benar ke Dalam Sistem

Error Code 31 merupakan kode error yang menyatakan bahwa perangkat tidak berfungsi dengan benar karena Windows tidak dapat menjalankan driver yang diperlukan perangkat. Umumnya, masalah ini terjadi karena masalah dengan network card atau wireless network card. Error code ini juga dapat muncul pada komponen hardware lain. Untuk mengatasi masalah dan error code tersebut, lakukan langkah-langkah berikut.

Siapkan driver ter-update untuk perangkat Anda dari website produsen hardware. Apabila driver tersebut tidak tersedia, Anda juga dapat menggunakan default driver yang disertakan oleh Windows. Untuk menangani masalah ini, Anda dapat membuka Device Manager dari Windows. Caranya, Anda dapat memanfaatkan aplikasi “System” dengan menekan kombinasi tombol keyboard “[Windows+ Pause Break]. Di kiri atas terdapat link menuju “Device Manager”.

Alternatifnya, Device Manager dapat dibuka melalui menu “Start | Control Panel | Device Manager”. Pada “Device Manager”, buka perangkat yang bermasalah (ditandai dengan tanya tanya berwarna kuning) dengan klik ganda. Bergantilah ke tab “Driver” dan selanjutnya klik “Update driver”. Sekarang, pilih antara “Search automatically for updated driver software” atau “Browse my computer for driver software”.

Untuk menggunakan default driver dari Windows, gunakan opsi pertama. Namun, apabila Anda sudah memiliki file driver dari developernya, ada baiknya gunakan opsi kedua. Anda dapat memberikan lokasi file-file driver tersebut yang sudah di-extract (unzip) dari hard disk di komputer. Terakhir, tutup proses instalasinya dan restart komputer. Driver sekarang sukses terhubung dengan perangkat dan Error Code 31 tidak akan muncul kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *